Selasa, 16 Desember 2014

Metode Menghafal Al Quran

Asalamu alaikum wr wb  readers 
kali ini saya lagi penasaran bagaimana metode menghafal yang cocok buat saya 
maklum belum hafal juz 30 nih , upz kamu ketahuan !!

dalam berbagai referensi yang saya baca 
ternyata banyak jalan menuju Roma (menghafalkan Al Quran )
ada yang senang menghafal dengan artinya, ada yang senang menghafalkan plus memvisualisasikan artinya, ada yang sambil merem , ada yang sambil duduk di pojokan sambil ga mau diganggu (ini saya banget nih waktu kuliah xixixi) , ada yang sukanya abis sholat subuh dll banyak banget 

nah barusan saya baca , saya menamainya metode 20 kali , jadi metode ini hanya mengajak kita untuk membaca sebanyak 20 kali , tanpa niat menghafal bonusnya pasti HAFAL!...

nah coba kita praktekkan dalam Surah ini ya 


ohya sebelum memulai mengambil keputusan , hafalannya jatuh ke surah yang mana
ada baiknya melihat Judul dan banyaknya ayat , kita biasakan menemukan satu surah ayatnya panjang panjang, tinggal kita bagi saja dalam beberapa bagian yang menurut kita udah mampu nih menghafal sebanyak ini :), kalau lihat ayat diatas pendek pendek ya 
iALlah bisalah sekali hafal jatuhnya 3 ayat (lihat underline)  itu di baca sebanyak 20 kali 

setelah selesai lanjut ke 3 ayat berikutnya sebanyak 20 x , sebelum lanjut ke 3 ayat setelahnya ada baiknya mengulang 6 ayat sebelumnya berkali kali sampai mantap untuk pindah ke 3 ayat selanjutnya 

udah ya teman , semoga berguna ya 
sebenarnya ini untuk saya sih , sayang kalau ga dituliskan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar