Rabu, 20 Juli 2011

Nasihat Ilahiyah tentang Marah

Nasihat dariAlquran tentang Marah
Marah!....pernahkah teman-teman mengalami kondisi ini, dimana teman-teman sangat ingin memaki,sangat ingin memukul mengumpat dan mencaci, sangat ingin menuangkan amarah dan dendam yang lama tersimpan dalam hati.Seketika jantung anda berdetak cepat..nafas anda tak terkendali,organ anda tak sadar dan sabar untuk bergerak melakukan aktifitas sebagai pelampiasan dari rasa amarah tadi.Ini Manusiawi teman dan ini dimiliki setiap manusia,cuman berbeda kadar dan cara kita menanggapinya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,
“…mereka yang menahan kemarahannya ‘bukan’ mereka yang tidak marah”
Rasulullah SAW pernah bersabda: "Sebenarnya aku ini seorang manusia. Aku marah seperti mana manusia marah (Hadis Riwayat Muslim dan Anas)
Imam Syafi’i Rahimahullahu Ta’ala berkata, “Barangsiapa tidak marah dalam keadaan dia patut untuk marah, dia seperti keledai; dan barang siapa tidak menghapuskan kemarahannya walaupun sudah mencobanya untuk menenangkan hatinya, maka ia adalah syetan”.
Jadi marah itu manusiawi teman-teman, namun dalam menanggapinya kadang kita terlalu melebihkan, terlalu member rasa yang besar pada rasa marah tadi.terlalu mendramatisir keadaan yang bias membuat kita marah.

Berikut Definisi Marah (surfing di blog temens)
Marah adalah salah satu pelampiasan emosional, mungkin karena Kita mengalami kekecewaan terhadap sesuatu keadaan yang tak sesuai dengan keinginan . Terkadang marah dianggap sifat yang kurang baik dan tidak bermanfaat,> http://arsmusic.wordpress.com

Berikut Kami kutipkan sedikit tentang marah yang diambil dari tulisan rekan kita.
Beberapa fakta tentang marah yang perlu Kita ketahui:
1. Menurut Charles Spielberger, Ph.D., seorang ahli psikologi yang mengambil spesialisasi studi tentang marah. Marah adalah suatu perilaku yang normal dan sehat yakni sebagai salah satu bentuk ekspresi emosi manusia. Seperti bentuk emosi lainnya, marah juga diikuti dengan perubahan psikologis dan biologis. Ketika Anda marah, denyut nadi dan tekanan darah meningkat, begitu juga dengan level hormon, adrenalin dan noradrenalin.
2. Mark Gorkin—seorang konsultan pencegahan stres dan kekerasan— membagi marah dalam empat kategori; marah yang disengaja, marah spontan (marah yg dilakukan secara tiba-tiba), marah konstruktif (marah yang disertai ancaman terhadap orang lain) dan marah destruktif (marah yang ditumpahkan tanpa rasa bersalah).
3. Marah juga merupakan satu bentuk komunikasi. Karena adakalanya orang lain baru mengerti maksud yang ingin disampaikan ketika kita marah. Bentuk penyampaian marah bisa berbeda-beda bergantung pada lingkungan dan kondisi sosial budaya yang membentuknya. Di Jepang, orang sering diam saat marah karena memang orang-orang Jepang tidak terbiasa mengekspresikan perasaannya. Berbeda dengan orang Amerika yang lebih berterus terang mengungkapkan perasaannya atau sama halnya dengan Suku Batak di tanah air kita.
4. Marah adalah manusiawi. Marah yang bisa berdampak buruk adalah marah yang tidak dikelola. Sebaliknya bila Anda mampu mengelola amarah dengan tepat, maka ekspresi kemarahan Anda justru akan menyehatkan. Hal ini sudah terbukti pada sebuah penelitian yang menyatakan marah akan lebih baik daripada memendam perasaan jengkel.
5. Bagaimana marah yang menyehatkan itu? Yakni marah yang beralasan yang bukan karena faktor subjektif semata. Lontarkan kemarahan atau kejengkelan Anda sewajarnya saja. Sampaikan, penyebab utama kejengkelan itu. Bukan marah yang sekadar menuruti emosi yang meledak-ledak, kemudian melampiaskannya melalui kata-kata, ekspresi dan perlakuan yang kasar karena dapat merugikan orang lain. Untuk itu, dalam keadaan marah kita harus mengedepankan rasio. Sehingga kemarahan itu jadi lebih terkendali

Nasihat dariAlquran tentang Marah
Allah Swt menyebutkan sifat orang bertaqwa adalah mereka yang memenuhi seruan Rabb mereka“ dan bila mereka marah,mereka memaafkan”(Asyuro:38)__

Marah dan Maaf dua kata ini selalu berpasangan dan saling mengobati,memaafkan walao sebagian susah untuk melakukan ,dengan ayat diatas mari kita tanamkan bahwa Allah akan meridhai kita dan Allah Swt akan menggantinya lebih baik dibandingkan kta melampiaskan rasa marah tadi.

Jadi Lihatlah orang yang bersabar karena Rabb mereka dan apa yang dijaminkan Allah untuk mereka,apa yang mereka dapatkan dari Allah?Allah Swt Berfirman:

”Dan orang-orang yang bersabar karena mengharapkan keridhoan Rabb mereka semata-mata,mendirikan solat serta mendermakan apa yang sebagian kami kurniakan kepada mereka,sencara sembunyi secara terbuka, dan mereka pula menolak kejahatan dengan cara yang baik, mereka itu disediakan baginya balasan yang sebaik-baiknya pada hari akhirat. Yaitu Surga yang kekal yang mereka akan memasukinya bersama orang-orang yang melakukan amal sholeh dari ibu bapak mereka, dan iistri-istri mereka dan anak-anak mereka, sedangkan malaikat akan masuk kepada mereka dari tiap-tiap pintu( member hormat dan berkata)” salam sejahtera lah kalian akan kesabaran kamu, maka amatlah baik balasan amal yang kalian lakukan di dunia dahulu..(Ar-Ra’du 22-24)

Saya sengaja me highlight bagian di atas: bagian pertama merupakan terapi yang amat mujarab, yakni orang yang mencoba untuk memberi yang terbaik pada saat menerima kejahatan…Allah menjamin ada balasan dari itu(ini Allah yang bilang ya….!:)
Selanjutnya highlight yang kedua,malaikat menyapa kita dan mengutamakan kita atas kesabaran yang kita lakukan.dalam ayat ini hal yang baru adalah SABAR. Jadi setelah MAAF ada SABAR.”Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan yang demikian itu) termasuk hal-hal yang diutamakan(AsSyuro :43)

Al-Quran telah member solusi yakni dengan kesabaran,tapi kesabaran untuk siapa dan kepada siapa kita bersabar?balasan apa yang kita peroleh jika kita bersabar>”tapi barang siapa yang memafkan (kejahatan orang lain dan berbuat baik padanya), maka pahalanya tetap dijamin oleh Allah. Sesunguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim”.(Assyuro 40)

Saya meng highlight lagi bagian ini pahala kita dijamin oleh Allah…apa yang akan anda dapatkan dari menahan amarah anda?tidak ada, namun pahala yang dijaminkanNyajika anda bersabar dari amarah.Dan Dia akan mengganti apapun untuk anda bila anda bersabar.
Ending notes:
Teman (dan juga diri saya) indahnya jika kita merasakan merasakan marah dan seketika itu pula kita sabar dan memaafkan karena kita selalu mengingat jaminan  dari Allah akan kesabaran kita…mari memunculkan dampak negative dari marah yang berlebihan dan dampak positif jika kita menahan amarah dan berusaha toleran dengan keadaan..selamat mencoba.
Referensi: tadi abis subuh baca majalah Tarbawi...dan surf di blog orang lain tentang MARAH:)..sy g marah siyyy:)

Salam sayang dan semangat yaa, Saya Ibu dari satu anak,selain bisnis retail sovenir dihttp://azzamssouvenir.blogspot.com, saya juga member bisnis hebat dbc network dihttp://bundajugabisa.com/...m  stay @home as a mom
NURUL KUSUMAWARDANI
NO HP:0812 41 066499 ,nurul_degreen@yahoo.com(EMAIL,YM,FB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar